C-212 | |
---|---|
| |
Tipe | Pesawat pengangkut |
Produsen | PT. Dirgantara Indonesia dan EADS-CASA |
Perancang | CASA |
Terbang perdana | 26 Maret 1971 |
Pengguna | Angkatan Udara Portugal TNI AL Angkatan Udara Spanyol Angkatan Udara Polandia |
Sejarah
Pada akhir 1960-an, Angkatan Udara Spanyol masih mengoperasikan pesawat kuno Junkers Ju 52 dan Douglas C-47. CASA merancang C-212 sebagai alternatif modern, prototipe pertama terbang pada 26 Maret 1971. Pada 1974, Angakatan Udara Spanyol memutuskan untuk membeli C-212 untuk memordenisasi armadanya.Ketika maskapai penerbangan sipil melihat keberhasilan tipe ini pada operasi militer, CASA membuat versi komersial sipil yang dikirim pertama kali pada bulan Juli 1975. Sampai 2006 masih tercatat beberapa pesawat ini masih operasional di seluruh dunia termasuk Merpati Nusantara Airlines untuk jalur perintis di Timur Indonesia.
Varian
Ada beberapa varian C-212, mereka adalah:Seri 100
- C-212A - versi produksi militer orisinal. Dikenal juga dengan C-212-5, C-212-5 series 100M, dan oleh Angkatan Udara Spanyol sebagai T-12B and D-3A (untuk pesawat medevac) diproduksi 129 buah
- C-212AV - versi transportasi VIP, T-12C
- C-212B - 6 C-212A pra-produksi dikonversi untuk misi photo-reconnaissance, TR-12A
- C-212C - versi sipil orisinal
- C-212D - 2 C-212A pra-produksi dikonversi untuk keperluan pelatihan navigasi, TE-12B.
- NC-212-100 - Diproduksi di bawah lisensi di Indonesia sejak 1976, PT. Dirgantara Indonesia memproduksi 28 NC-212-100 sebelum beralih ke NC-212-200.
Seri 200
Versi lebih panjang dengan mesin baru diperkenalkan pada tahun 1979. CASA C-212-200 juga populer sebagai pesawat skydiving, dikenal karena mempunyai kapasitas besar, menanjak dengan cepat dan pintu keluar belakang yang besar.- C-212 seri 200M - versi militer; dikenal juga dengan nama T-12D di Spanyol dan Tp 89 untuk Angkatan Udara Swedia. Spesialis ASW dan maritime patrol aircraft juga diproduksi untuk versi ini.
- NC-212-200 - C-212-200 - dibuat di bawah lisensi oleh PT. Dirgantara Indonesia.
Seri 300
Versi produksi standar mulai dari tahun 1987. Dilengkapi winglet untuk performa lebih baik.- C-212-M seri 300 atau Seri 300M - versi militer
- C-212 seri 300 airliner - pesawat regional 26 kursi
- C-212 seri 300 utility - versi penggunaan sipil 23 kusi
- C-212 seri 300P - versi penggunaan sipil dengan mesin Pratt & Whitney Canada PT6A-65
Seri 400
Versi yang sedikit lebih besar, pertama kali terbang tahun 1987. Kode militer Amerika Serikatnya adalah C-41.Spesifikasi (Seri 300M)
Ciri-ciri umum
- Kru: Dua pilot
- Kapasitas: sampai 20 pasukan, 12 liter, atau kargo 2.820 kg
- Panjang: 16,15 m
- Bentang sayap: 20,28 m
- Tinggi: 6,60 m
- Area sayap: 41 m²
- Berat kosong: 4.400 kg
- Berat isi: kg ( kg)
- Maksimum Takeoff (MTOW): 8.000 kg
- Tenaga Penggerak: 2x Garrett AiResearch TPE-331-10R-513C, masing-masing 690 kW (925 shp)
Performa
- Kecepatan maksimal: 370 km/j (230 mpj)
- Jarak: 1.433 km (895 mil)
- Ketinggian maksimal: 7.925 m (26.000 kaki)
- Daya tanjak: 497 m/menit (1.630 kaki/menit)
- Wing loading: kg/m² ( lb/kaki²)
- Power/berat: kW/kg ( hp/lb)
Persenjataan
- Sampai 500 kg (1.100 lb) senjata pada 2 cantelan. Biasanya, pod senapan mesin atau peluncur roket.
Operator militer
- Afrika Selatan
- Amerika Serikat
- Angola
- Argentina
- Bolivia
- Myanmar
- Chad
- Chili
- Djibouti
- Guinea Khatulistiwa
- Guinea
- Ghana
- Indonesia
- Kolombia
- Lesotho
- Meksiko
- Nikaragua
- Panama
- Paraguay
- Perancis
- Portugal
- Spanyol
- Swedia
- Sudan
- Suriname
- Thailand
- Uni Emirat Arab
- Uruguay
- Venezuela
- Yordania
- Zimbabwe
Tidak ada komentar:
Posting Komentar